Monday, April 18, 2016

Sholawat Adrikiyah



Sholawat Adrikiyah


Asholatu wassalaamu ‘alaika yaa sayyidii ya Rasulallah, khudz biyadii qollat 'hilatii adrikni.

Artinya:
"Rahmat dan sejahtera semoga melimpah kepadamu, wahai junjunganku rosullulahu SAW, peganglah tanganku, sedikit sekali upayaku maka temukanlah aku."



Dalam sebuah hadist oleh Habib Syaikh Ali Al-Makatul Mukarromah, seorang wali kutub atau raja wali, Ia menyebut bahwa bila ingin selamat dunia akhirat, lapangkanlah hari dan isilah jiwa kita dengan sholawat adrikiyah.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin berbagi teks dan lirik sholawat adrikiyah secara lengkap dalam bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan Indonesia. Namun sebelum masuk ke pembahasan inti mari kita simak sejarah singkat sholawat ini telebih dahulu.

Bacaan atau lirik pada sholawat ini diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW kepada seorang syeikh pada zaman dahulu, yakni Syeikh Hamid. Syeikh Hamid mengaku mendapat petunjuk soal sholawat ini melalui mimpi di malam hari yang Ia peroleh.

Ia adalah seorang mufti di kota Syam. Dalam mimpinya Syeikh Hamid mengaku bertemu Nabi Muhammad SAW dan mengatakan bahwa barang siapa yang membaca sholawat tersebut, maka Allah SWT akan menunjukkan fasilitas dalam berbagai hal.

Sholawat yang dimaksud tentu saja adalah sholawat adrikiyah. Sholawat ini memiliki beragam keutamaan di antaranya adalah membuat hati lapang, dikabulkan hajat dan keinginannya, serta berkesempatan bertemu Rasul di alam mimpi
.

Bila diperhatikan terjemahannya, di dalam sholawat ini terdapat makna bahwa kita memohon kepada Allah SWT untuk melimpahkan rahmat dan sejahtera, serta memohon agar Ia memegang tangan kita dan mengupayakan pertemuan melalui mimpi

1 comment: